Pada masa pandemi covid 19 dampak pada berbagai aspek kehidupan manusia seperti aspek sosial ekonomi, pendidikan, kesehatan bahkan juga psikologis banyak fenomena yang terjadi salah satunya yaitu panik baying.
Panic buying merupakan suatu tindakan membeli produk atau kebutuhan dalam jumlah besar yang tidak bisa karena produksi gangguan pasokan yang disebabkan oleh bencana atau krisis yang parah.
Penyebab dari panic buying sendiri ada berbagai macam antara lain
- Persepsi. Persepsi individu tentang krisis yang sedang terjadi seperti ancaman dan munculnya persepsi kelangkaan produk atau barang tersebut.
- Takut dengan hal yang tidak diketahui. Individu mengalami tekanan emosional seperti ketakutan dan kecemasan selama krisis berlangsung.
- Faktor psikologi sosial. Individu melakukan panic buying dari jejaring sosial seperti social influence dan social trust.
- Perilaku coping. Ketakutan yang dirasakan individu akan memicu perilaku koping sebagai jalan keluar untuk mengendalikan situasi, yang kompensasi kerugian psikologis yang dialami oleh individu.
Cara mengatasi panic buying yaitu
- Β Membatasi penjualan barang dengan Jumlah pembelian yang ditentukan
- Β Menyediakan pembelian barang secara daring dengan tetap memperhatikan prioritas kebutuhan
- Β Membuat peraturan prioritas bagi orang lanjut usia dan anak-anak.
- Menyebarkan informasi positif, jelas dan terbuka mengenai ketersediaan barang
- Menekankan penyebaran informasi yang menyesatkan dan hoax.
- Menguatkan peran otoritas dalam mengontrol harga, mengatur penyaluran barang dan menindak oknum yang merugikan konsumen.
Referensi :
Shadiqi, M.A., Hariati,R., Hasan, K.F.A., I’anah. N & Al istiqomah, w (2020). punic buying pada pandemi covid 19
Leave a comment